Prologue

PENDAHULUAN

Pembangunan manusia seutuhnya merupakan keutamaan dari hakikat pembangunan nasional. Dengan keutuhan jiwa dan raga, cita-cita lahirnya masyarakat yang adil dan makmur akan terwujud. Dan menjadi tugas dunia pendidikan untuk bahu membahu mempersiapkan sumber daya manusia dan kader-kader penerus bangsa yang tak hanya terdepan secara fisik, tapi juga digjaya dalam mental dan spiritual.

Pendidikan dan pengajaran berbasis pesantren menjadi salah satu instrumen penting pembangunan mental, intelektual dan spiritual yang komprehensif. Perjuangan dan perjalanan sejarah Bangsa Indonesia telah membuktikan besarnya manfaat dari khidmah yang dilakukan Pondok Pesantren bagi kemerdekaan dan kemakmuran Tanah Air.

Sejak dirintis tahun 1990-an silam, Pondok Pesantren Ibadurrahman Cileungsi pun telah dicanangkan untuk menjadi salah satu pilar perjuangan mulia ini. Misi utamanya adalah menjadi lembaga peningkat kualitas sumber daya manusia muslim yang dewasa dalam berbangsa, dan mencetak kader mundzirul qaum yang alim, cerdas, dan berakhlak mulia.

Untuk misi ini Yayasan Pendidikan Islam Pondok Pesantren Ibadurrahman Cileungsi (YPIPPIC) yang diamanahi mengelola dan mengembangkan lembaga ini berencana mendirikan beberapa institusi pendidikan dari tingkat Taman Kanak-Kanak (TK) hingga Perguruan Tinggi. Harapannya, agar lahir kader pendidik dan pengayom masyarakat yang mampu membina umat Islam dan bangsa Indonesia menjadi manusia seutuhnya.

Leave a Reply