Masjid Birrul Walidain
Masjid Birrul Walidain
Komentar
    Alamat Pondok
    Jln. Raya Cileungsi-Jonggol KM 7 Ds. Gandoang Kec. Cileungsi Kab. Bogor JAWA BARAT 021-82460787

    Dasar Pemikiran

    LATAR BELAKANG

    Pembangunan manusia seutuhnya merupakan keutamaan dari hakikat pembangunan nasional. Dengan keutuhan jiwa dan raga, cita-cita lahirnya masyarakat yang adil dan makmur akan terwujud. Dan menjadi tugas dunia pendidikan untuk bahu membahu mempersiapkan sumber daya manusia dan kader-kader penerus bangsa yang tak hanya terdepan secara fisik, tapi juga digjaya dalam mental dan spiritual.

    Pendidikan dan pengajaran berbasis pesantren menjadi salah satu instrumen pembangunan mental, intelektual dan spiritual yang komprehensif ini. Perjuangan dan perjalanan sejarah Bangsa Indonesia telah membuktikan besarnya manfaat dari khidmah yang dilakukan Pondok Pesantren bagi kemakmuran Tanah Air.

    Sejak dirintis tahun 1990-an silam, Pondok Pesantren Ibadurrahman Cileungsi pun telah dicanangkan untuk menjadi salah satu pilar perjuangan mulia ini. Misi utamanya adalah menjadi lembaga peningkat kualitas sumber daya manusia muslim yang dewasa dalam berbangsa, dan mencetak kader mundzirul qaum yang alim, cerdas, dan berakhlak mulia.

    Untuk misi ini Yayasan Pendidikan Islam Pondok Pesantren Ibadurrahman Cileungsi (YPIPPIC) yang diamanahi mengelola dan mengembangkan lembaga tersebut berencana mendirikan beberapa institusi pendidikan dari tingkat Taman Kanak-Kanak (TK) hingga Perguruan Tinggi. Harapannya, agar  lahir kader pendidik dan pengayom masyarakat yang mampu membina umat Islam dan bangsa Indonesia menjadi manusia seutuhnya.

    Dalam menjalankan misi besar tersebut, tentu dibutuhkan tersedianya sarana dan prasarana pendidikan, serta berbagai kelengkapannya. Dan berbagai upaya terus dilakukan pihak pengelola, namun keterbatasan finansial tak dapat dihindari dalam rangka pemenuhan kebutuhan yang ada. Hingga tentunya, perhatian pemerintah dan partisipasi seluruh elemen masyarakat sangat dibutuhkan agar institusi pendidikan ini mampu berkembang dan memberi kontribusi positif bagi pembangunan generasi bangsa.

    Berangkat dari kebutuhan sarana pendidikan bagi masyarakat dan kaum muslimin di wilayah Kecamatan Cileungsi Kabupaten Bogor, maka sekitar era 1990-an didirikanlah cikal pondok pesantren yang kemudian baru mendapat izin Allah untuk mulai aktif digarap pada akhir tahun 2011 karena tekendala berbagai hal.

    Pondok pesantren yang didirikan ini kemudian dipayungi secara legal di bawah lembaga Yayasan Pendidikan Islam Pondok Pesantren Ibadurrahman Cileungsi (YPI PPIC) yang menurut rencana akan menggelar pendidikan dari tingat dasar hingga perguruan tinggi dengan kekhasan pendidikan ala pondok pesantren. Kegiatan awal kepesantrenan akan dimulai pada bulan Juli 2012 untuk tahun ajaran 2012-2013, untuk tingkat pendidikan tingkat menengah (SMP) tahfidz. Sasaran anak didik lebih mengutamakan anak kaum dhu’afa dan yatim.

    DASAR PEMIKIRAN

    Al-Qur`an surah at-Taubah ayat 122:

    “Tidak sepatutnya bagi mukminin pergi seluruhnya (ke medan perang). Mengapa tidak pergi dari tiap-tiap golongan di antara mereka beberapa orang untuk memperdalam pengetahuan tentang agama dan untuk memberi peringatan kepada kaumnya apabila mereka telah kembali kepadanya, supaya mereka dapat menjaga diri.”