Muhadharah Tiga Bahasa

Muhadlarah adalah kegiatan latihan pidato yang wajib diikuti seluruh santri Pondok Pesantren Modern Ibadurrahman Cileungsi. Muhadlarah dilakukan dalam tiga bahasa: Arab, Inggris, dan Indonesia yang digelar tiga kali dalam satu minggu.

Jadwal muhadharah Pondok Pesantren Modern Ibadurrahman Cileungsi:

Sabtu Malam: Bahasa Arab

Selasa Malam: Bahasa Inggris

Kamis Malam: Bahasa Indonesia

Muhadlarah merupakan ajang latihan para santri untuk memiliki keterampilan berpidato formal/orasi dalam tiga bahasa (Arab, Inggris, Indonesia). Dimaksudkan menjadi sarana bekal masa depan dakwah para santri. Di dalam Muhadharah, santri dilatih keberanian mental dan keterampilan berbahasa asing berorasi di depan publik.

Dalam kegiatan rutin Muhadharah, para santri diawasi oleh para mudabbir (pengurus organisasi santri/OSBAD), di bawah bimbingan para asatiz.

Kegiatan rutin Muhadharah sekaligus menjadi ajang seleksi bakat orasi para santri yang akan dipilih untuk tampil langsung di depan publik dalam agenda rutin semesteran: Muhadharah Kubra.

Muhadharah Kubra menjadi klimaks dan penutup agenda kegiatan ekstrakurikuler setiap semester. Yang menampilkan para punggawa orasi yang terseleksi dalam agenda rutin Muhadharah mingguan. Juga menampilkan kreasi dan seni santri yang mereka kembangkan selama masa satu semester pendidikan.