Madrasah Aliyah Ibadurrahman

Pendidikan Madrasah Aliyah (MA) dipilih dalam upaya meminimalisasi stigma masyarakat terhadap lembaga pesantren yang selama ini dianggap tertinggal dalam banyak aspek kehidupan, pendidikan, keterampilan hidup maupun pola pikir. Materi duniawi yang mengemuka dalam pendidikan MA kami padukan dengan muatan pondok pesantren yang diharap dapat menyeimbangkan ilmu pengetahuan teknologi (Iptek) dan moral iman-taqwa (Imtaq) anak didik.

PROFIL MADRASAH ALIYAH IBADURRAHMAN

(Lihat Data Pokok Pendidikan Dasar dan Menengah (Dapodiknasmen)

VISI-MISI-PROPEK PENDIDIKAN

Visi, Misi dan Tujuan

  1. VISI :

“MEWUJUDKAN SEKOLAH BERBASIS RELIGI, LINGKUNGAN, SERTA ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI BERBEKAL IMAN DAN TAKWA”.

  1. MISI :
  • Mencetak kader mundzirul qaum yang alim, cerdas dan berakhlak mulia
  • Menghasilkan lulusan yang memiliki keseimbangan kemampuan ilmu dan teknologi.
  • Menghasilkan lulusan yang taat dan sadar menjalankan ajaran agama.
  • Menghasilkan lulusan yang berakhlakul karimah.
  • Menghasilkan lulusan yang mandiri dan berjiwa wirausaha.
  • Menghasilkan lulusan yang bermanfaat bagi masyarakat dan berjiwa sosial yang tinggi.
  1. TUJUAN :
  • Mencetak anak didik yang memiliki kepribadian beriman dan bertakwa.
  • Mencapai target Ujian Nasional.
  • Meningkatnya KKM secara berkesinambungan
  • Memiliki nilai unggul jiwa wirausaha.
  • Memiliki keahlian dasar komputer.
  • Meningkatnya kesehatan lingkungan dan penghijauan sekolah.
  • Menjadi acuan program keagamaan dan umum di sekolah tingkat menengah pertama di kecamatan.

Karakteristik dan Program Strategis

Madrasah Aliyah Ibadurrahman Cileungsi merupakan sekolah yang dirancang dengan sistem khusus dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar. Ada beberapa program-program yang secara khusus dilaksanakan, antara lain:

  1. Mengembangkan kurikulum dan  bahan  ajar  pendidikan nasional yang dipadukan dengan muatan pendidikan Islam terpadu.
  2. Menyelenggarakan mentoring keislaman dan al-Qur’an dalam program Tahfiz al Qur`an, yang efektif guna mengimplementasikan nilai-nilai moral, akidah dan akhlak peserta didik.
  3. Menyelenggarakan keterampilan-keterampilan (lifeskill) yang menunjang kemandirian dan jiwa kewirausahaan anak didik. Dengan harapan keterampilan itu bisa dikembangkan secara profesional di kemudian hari.
  4. Memberikan keterampilan Bahasa Arab dan Inggris yang integral dengan pembinan ala pesantren hingga peserta didik mampu berkomunikasi memakai bahasa asing dengan baik.
  5. Memberikan ekstrakurikuler untuk mengasah bakat dan minat peserta didik.
  6. Menyiapkan staf pengajar yang kompeten di bidangnya dan mahir secara ilmiah, intelektual serta memiliki akidah yang lurus dan berakhlak mulia.
  7. Menerapkan sistem tata kelola sekolah yang baik serta mengimplementasikan sistem manajemen mutu agar sekolah dapat berjalan dengan dukungan sistem dan kualitas yang baik.
  8. Membangun kultur islami dalam aktivitas keseharian di lingkungan sekolah, tata cara berpakaian islami, pembiasaan shalat fardhu berjamaah.