Statuta Ma’had Aly Ibadurrahman Cileungsi

STATUTA

MA’HAD ALY IBADURRAHMAN CILEUNGSI

MUQADDIMAH

Peningkatan kualitas pendidikan merupakan sebuah keniscayaan yang mesti dikelola dengan baik agar masyarakat menjadi sejahtera dan mandiri. Karena, tidak sedikit masyarakat menjadi korban atas kebodohan yang menghadang didepannya sehingga kemudian melahirkan pribadi-pribadi yang pasif dan berprilaku aneh yang nantinya berujung pada dehumanisasi dan kriminalisasi. Disadari atau tidak ada dua hal yang memiliki peran penting dalam menciptakan kualitas pendidikan yang lebih unggul, yaitu: Pemerintah dan Masyarakat. Pemerintah mesti dan berkewajiban mendorong dan membuka peluang yang seluas-luasnya bagi partisipasi masyarakat untuk berpendidikan. Disisi lain UU menekankan bahwa “setiap warga negara Indonesia berhak atas pendidikan yang layak”. Begitu penting yang namanya pendidikan. Sementara masyarakat berhak untuk mendapatkan pendidikan sesuai minat dan kemampuan yang dimiliknya dengan tetap menjaga proporsinya masing-masing.

Ma’had Aly Ibadurrahman Cileungsi pada dasarnya adalah lembaga pendidikan tinggi yang sepenuhnya dirancang dan dikelola oleh masyarakat Desa Gandoang Kec. Cileungsi Kabupaten Bogor, Propinsi Jawa Barat. Basis Ma’had Aly Ibadurrahman Cileungsi tidak lain adalah pesantren-pesantren yang tersebar Kabupaten Bogor khususnya, di Jawa Barat pada umumnya. Berbeda dengan perguruan tinggi pada umumnya, Ma’had Aly Ibadurrahman Cileungsi selama ini dibiarkan dan diberi peluang untuk berkembang atas dasar kemauan dan kesanggupan para pengelolanya. Disatu sisi, hal ini menunjukkan kemandirian Pesantren yang luar biasa dalam memenuhi kebutuhannya sendiri untuk mencetak ulama. Namun disisi lain, kenyataan ini menunjukkan lemahnya perhatian pemerintah yang masih sangat kurang dalam memberdayakan dan sekaligus mendayagunakan Ma’had Aly termasuk didalamnya Ibadurrahman Cileungsi.

Dalam rangka transformasi menjadi lembaga pendidikan tinggi yang lebih terbuka, pemerintah mesti mendorong dikembangkannya Ma’had Aly dengan tetap mengacu pada prinsip-prinsip akademik yang kapabel, modern dan visioner. Untuk tujuan ini, diperlukan penyelenggaraan Ma’had Aly secara lebih sistemik sehingga mencerminkan pola penyelenggaraan lembaga akademik sebagaimana umumnya tanpa menghilangkan ciri khasnya. Untuk itu, Pondok Pesantren Ibadurrahman Cileungsi membuat statuta sebagai dasar pelaksanaan (konseptual) penyelenggaraan Pendidikan Ma’had Aly Ibadurrahman Cileungsi secara utuh. Penyusunan statuta ini dimaksudkan pula sebagai panduan bagi penyelenggaraaan Mahad Aly Ibadurrahman Cileungsi dalam rangka perencanaan, penyusunan program, pelaksanaan serta evaluasi.

Dakwah Islamiyah adalah merupakan tugas suci yang telah diamanahkan dan diwariskan oleh para nabi, dan kemudian dilanjutkan oleh para ulama setelahnya secara berkesinambungan. Tujuan utamanya adalah untuk memberikan pemahaman yang baik dan benar serta mengingatkan kepada manusia akanorientasi dan makna hakikat dibalik penciptaan dan kehidupan di alam fana ini. Di samping juga untuk mewujudkan misi agama Islam sebagai Rahmatan Lil ‘Alamin, rahmat bagi seluruh alam semesta.

Kondisi objektif seperti ini, menghadirkan berbagai tantangan dalam gerakan dakwah, yang mau tidak mau harus dijawab, terlebih lagi posisi umat Islam yang merupakan kelompok mayoritas di negeri ini. Dalam menjawab tantangan tersebut, maka setidaknya perlu dikembangkan sebuah kesadaran dan semangat kolektivisme diantara pelaku dan penggerak dakwah Islam, untuk mengambil peran strategis dalam masyarakat yang dengannyaakan mendorong pemikiran-pemikiran alternatif serta upaya-upaya perubahan yang bersifat konstruktif. Kesadaran kolektif tersebut harus dilakukan secara terus menerus lewat koordinasi dan konsolidasi gerakan dakwah dengan berbagai pihak termasuk Pemerintah, dalam rangka menciptakan jaringan gerakan dakwah Islam yang kuat, solid dan progresif serta bersinergi. Sehingga pada saatnya nanti, komunitas pecinta kebenaran mampu memberikan kontribusi positif yang maksimal bagi negara dan bangsa Indonesia serta kemajuan Islam dan kaum muslimin di tanah air pada khususnya.

Dengan maksud itulah, dan dengan senantiasa memohon petunjuk, ridha dan inayah Allah SWT serta curahan syafa’at dari baginda Rasulullah SAW, maka kami bertekad untuk menyatukan langkah dan berhimpun dalam wadah Pendidikan dan Da’wah ini.

BAB I

KETENTUAN UMUM

Pasal 1

Dalam pedoman ini yang dimaksudkan dengan:

a.Ma’had Aly Ibadurrahman Cileungsi merupakan lembaga pendidikan keagamaan tingkat tinggi yang menyelenggarakan pendidikan kaderisasi ulama dengan kajian utama kitab klasik dan kontemporer yang diselenggarakan secara berjenjang.

b.Pondok Pesantren Ibadurrahman Cileungsi adalah lembaga pendidikan keagamaan Islam berbasis masyarakat yang menyelenggarakan pendidikan Diniyah atau secara terpadu menyelenggarakan jenis pendidikan lainnya.

c.Pedoman adalah pokok-pokok panduan penyelenggaraan Ma’had Aly Ibadurrahman Cileungsi yang digunakan sebagai acuan untuk merencanakan, melaksanakan dan mengembangkan program kegiatan serta evaluasi sesuai dengan tujuannya.

d.Mudarris adalah tenaga kependidikan pada Ma’had Aly Ibadurrahman Cileungsi.

e.Mahasantri adalah peserta didik pada Ma’had Aly Ibadurrahman Cileungsi.

f.Direktur adalah Pimpinan Ma’had Aly Ibadurrahman Cileungsi.

BAB II

NAMA

Pasal 2

Lembaga Pengkaderan ini bernama Ma’had Aly Li Ad-Dirasah Al-Islamiyah Ibadurrahman Cileungsi yang disingkat dengan Ma’had Aly Ibadurrahman Cileungsi.

BAB III

PENDIRIAN

Pasal 3

Lembaga ini didirikan pada hari Rabu, 7 Februari 2018. Di Pondok Pesantren Ibadurrahman Cileungsi, Kabupaten Bogor.

BAB IV

KEDUDUKAN HUKUM

Pasal 4

Lembaga Ma’had Aly Ibadurrahman Cileungsiberkedudukan hukum di Desa Gandoang, Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor, Propinsi Jawa Barat, Indonesia.

BAB V

ASAS, SIFAT, TUJUAN DAN FUNGSI

Pasal 5

Ma’had Aly Ibadurrahman Cileungsi Berasaskan Islam Ahlussunnah Wal-Jama’ahyang berhaluan Mazhab Syafi’i dan Pancasila. Penyelenggaraannya bersumber pada prinsip-prinsip ajaran Islam dan nasionalisme dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Pasal 6

Ma’had Aly Ibadurrahman Cileungsi sebagai wadah pendidikan dan dakwah bersifat terbuka dan independen.

Pasal 7

Ma’had Aly Ibadurrahman Cileungsi bertujuan Terciptanya Mahasantri menjadi Kader Ulama yang berkualitas,objektif, terbuka, bertanggung jawab, berdedikasi,ilmiah, berakhlakul karimahdan peduli terhadap kemaslahatan umat, berbangsa dan bernegara.

Pasal 8

Ma’had Aly Ibadurrahman Cileungsi mempunyai fungsi sebagai berikut:

a.Untuk menyelenggarakan dan mengembangkan Pendidikan Keislaman sebagai pusat pengkajian dan penelitian dalam rangka pengembangan ilmu keislaman.

b.Sebagai pusat pengabdian kepada masyarakat dalam rangka mewujudkan masyarakat beradab.

c.Sebagai pusat kebudayaan dan peradaban khususnya umat Islam.

BAB VII

VISI DAN MISI

Pasal 9

Visi

Visi Ma’had Aly Ibadurrahman Cileungsi adalah sebagai pusat unggulan studi keislaman dan kaderisasi ulama, pewaris tradisi ilmiah dan amaliah salaf shalih yang mengintegrasikan tradisi keilmuan pesantren dan tradisi akademik perguruan tinggi, dengan kompetensi mengaktualisasikan ilmu-ilmu agama bagi kemaslahatan ummat manusia.

Pasal 10

Misi

a.Menyelenggarakan dan melaksanakan studi keislaman yang mendalam, utuh dan komprehensif.

b.Menyelenggarakan dan melaksanakan kaderisasi ulama dengan membekali dan menanamkan tradisi ilmiah dan amaliah salaf shalih.

c.Menyelenggarakan dan melaksanakan sistem pendidikan pondok pesantren setingkat perguruan tinggi dengan dukungan ilmu pengetahuan dan teknologi.

d.Mengadakan perpustakaan yang representatif bagi studi keislaman.

e.Membangun jaringan kerjasama dengan berbagai lembaga dan instansi serta lintas perguruan tinggi dalam dan luar negeri.

f.Menumbuh kembangkan berbagai program penelitian dan pengabdian pada masyarakat.

g.Membentuk jaringan alumni dan pemberdayaannya.

BAB VIII

POKOK – POKOK PERJUANGAN

Pasal 11

Pokok-pokok perjuangan Ma’had Aly Ibadurrahman Cileungsi adalah:

1.Membangun Pusat Pengkaderan Ulama yang aktif, sistematis dan berkesinambungan.

2.Membangun gerakan pengembangan dakwah Islam yang terkoordinasi dan sistematis.

3.Membangun media informasi dan komunikasi tentang perjuangan Islam serta syiar ajaran suci Nabi Muhammad SAW.

4.Membangun komunikasi dengan organisasi-organisasi Islam dan lembaga-lembaga lainnya untuk perjuangan kemanusiaan, persatuan umat dan keutuhan bangsa.

5.Aktif dalam persoalan-persoalan keumatan pada berbagai aspek, dalam rangka peningkatan kehidupan berbangsa dan bernegara.

BAB IX

ORGANISASI MA’HAD ALY

Pasal 12

a.Ma’had Aly Ibadurrahman Cileungsi dibentuk dan diselenggarakan oleh Pondok Pesantren Ibadurrahman Cileungsi dan Yayasan Pendidikan Islam Pondok Pesantren Ibadurrahman Cileungsi (YPI PPIC).

b.Ma’had Aly dipimpin oleh seorang Pimpinan Ma’had yang disebut Direktur.

c.Dalam melaksanakan tugasnya seorang Direktur dibantu oleh Wakil Direktur, Katib, Wakil Katib yang jumlahnya disesuaikan dengan kebutuhan.

d.Direktur dan Wakil Direktur serta struktur kepengurusannya ditetapkan oleh Ketua Penyelenggara Ma’had berdasarkan usulan Dewan Ma’had Aly.

e.MajelisMa’had Aly Ibadurrahman Cileungsi adalah Majelis yang dibentuk oleh institusi Ma’had Aly yang terdiri dari Direktur, Wakil Direktur dan Perwakilan Ustadz dan Unsur Tokoh Masyarakat yang ditetapkan oleh Penyelenggara Ma’had Aly.

f.Dewan Ma’had Aly Ibadurrahman Cileungsi yang anggotanya terdiri dari para Direktur, Naib Mudir, Katib dan tokoh-tokoh cendekiawan Islam yang ditetapkan oleh Dirjen Pendidikan Islam atas nama Kementerian Agama.

g.Ketua Dewan Ma’had Aly Ibadurrahman Cileungsi dipilih oleh Anggota Dewan Ma’had Aly berdasarkan Musyawarah dan ditetapkan Kementerian Agama.

h.Dewan Ma’had Aly Ibadurrahman Cileungsi bertugas dan berfungsi:

1.Memberikan pertimbangan kepada Menteri Agama tentang kelayakan pendirian dan penyelenggaraan Ma’had Aly.

2.Merumuskan Standar Nasional Ma’had Aly.

3.Merumuskan Norma Dasar dan Tolok Ukur Penyelenggaraan Ma’had Aly

4.Merumuskan Kriteria tenaga Pengajar.

5.Memberikan pertimbangan kepada penyelenggara Ma’had Aly tentang kriteria calon Direktur.

i.Tenaga Pengajar pada Ma’had Aly Ibadurrahman Cileungsi disebut Mudarris yang diangkat oleh Direktur setelah mendapat persetujuan dari majelis Ma’had Aly.

j.MudarrisMa’had Aly Ibadurrahman Cileungsi terdiri dari Mudarris tetap dan tidak tetap serta Professor Tamu (Dosen Luar Biasa).

k.Peserta Didik dalam Ma’had Aly Ibadurrahman Cileungsi disebut Mahasantri.

l.Syarat untuk menjadi peserta didik dalam Ma’had Aly Ibadurrahman Cileungsi adalah:

-Mengisi Formulir Pendaftaran.

-Menyetor Foto Copy Ijazah SMA/SMK/MA/Sederajat yang telah dilegalisir.

-Menyetor Pas Foto 2×3 dan 3×4 cm, masing-masing 2 lembar.

-Bersedia dites (Lisan & Tulisan) didepan Penguji tes masuk.

-Lancar dan fasih dalam membaca al-Qur’an.

-Lulus Rekruitmen yang dilaksanakan oleh Ma’had Aly Ibadurrahman Cileungsi.

m.MahasantriMa’had Aly Ibadurrahman Cileungsi berkewajiban:

-Mematuhi semua peraturan yang berlaku pada Ma’had Aly Ibadurrahman Cileungsi maupun yang telah ditentukan Pondok Pesantren Ibadurrahman Cileungsi.

-Ikut Memelihara Saran dan Prasarana.

-Ikut serta dalam menanggung biaya penyelenggaraan Ma’had Aly Ibadurrahman Cileungsi.

-Menjaga Nama Baik dan Kode Etik Ma’had Aly (Almamater) maupun Keluarga Besar Yayasan Ibadurrahman Cileungsi.

n.MahasantriMa’had Aly Ibadurrahman Cileungsi berhak:

-Menggunakan kebebasan akademik secara bertanggunjawab untuk menuntut ilmu sesuai dengan norma dalam lingkungan Ma’had Aly Ibadurrahman Cileungsi.

-Memperoleh Layanan Akademik, Administrasi dan Informasi.

-Memanfaatkan fasilitas Ma’had Aly Ibadurrahman Cileungsi dalam rangka meningkatkan mutu akademik.

-Mendapatkan bimbingan dari Mudarris yang berkaitan dengan bidang studinya.

-Mempunyai hak untuk pindah ke Ma’had Aly atau perguruan tinggi lainnya bilamana memenuhi persyaratan.

-Berhak menyandang gelar akademik setelah mengkuti prosedur yang ditetapkan oleh Ma’had Aly Ibadurrahman Cileungsi.

o.Alumni Ma’had Aly Ibadurrahman Cileungsi adalah seseorang yang telah menyelesaikan seluruh program study Ma’had Aly melalui seluruh proses akademik dan berhak mendapatkan Ijazah atau Syahadah.

BAB X

KURIKULUM

Pasal 13

Bagi sebuah pendidikan tinggi, keberadaan kurikulum dan silabus merupakan instrumen input yang amat vital dan strategis. Kurikulum dan silabus merupakan perencanaan menyuluruh dan sistematis tentang program pembelajaran, sehingga berfungsi sebagai acuan sekaligus memberikan arah terhadap pendidikan itu sendiri. Di sisi lain, kurikulum dan silabus yang disusun secara baik diharapkan dapat memberikan jaminan kualitas bagi proses pendidikan sekaligus menjadi acuan akuntabilitas kinerja Mudarris (Dosen) dan Mahasantri dalam proses pembelajaran. Hal ini perlu mendapat perhatian serius dalam penyelenggaraan Ma’had Aly Ibadurrahman Cileungsi.

Penyusunan kurikulum dan silabus didasarkan atas beberapa asas, diantaranya adalah asas filosofis dan sosiologis. Asas filosofis, memberikan kerangka acuan atas idealisme pendidikan di Ma’had Aly Ibadurrahman Cileungsi sesuai dengan visi, misi, fungsi, tujuan dan kompetensi dasar lulusannya yang ingin dicapai. Sementara asas sosiologis, memberikan landasan bagi penyusunan kurikulum dan silabus seiring dengan perkembangan dan perubahan sosial, termasuk perubahan-perubahan dalam pendidikan.

Berdasarkan kerangka pemikiran itulah, maka pedoman kurikulum Ma’had Aly Ibadurrahman Cileungsi yang dirancang sebagai sesuatu yang sangat urgen untuk dijadikan panduan yang berisi seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan perkuliahan serta cara yang digunakan dalam penyelenggaraan kegiatan pembelajaran di Ma’had Aly Ibadurrahman Cileungsi untuk mencapai tujuan pendidikan yang dicita-citakannya. Kurikulum Ma’had Aly Ibadurrahman Cileungsi terdiri dari kurikulum nasional sebagai standar nasional yang disusun sesuai ketentuan Kementerian Pendidikan Nasional dan Kementerian Agama. Kurikulum lokal yang disusun oleh Penyelenggara Ma’had Aly dalam hal ini Pondok Pesantren Ibadurrahman Cileungsi dan Yayasannya. Kurikulum inilah yang mencerminkan integritas keilmuan Pondok Pesantren Ibadurrahman Cileungsi. Sementara silabus kurikulum Ma’had Aly Ibadurrahman Cileungsi disusun dan ditetapkan oleh Pihak Pondok Pesantren Ibadurrahman Cileungsi dan Yayasannya.

Pasal 14

Standar Kompetensi Lulusan

a.Memiliki penguasaan sumber-sumber ajaran Islam dan kemampuan mengembangkan kandungan nash secara tekstual dan kontekstual.

b.Memiliki kemampuan melakukan kajian literatur kitab klasik dan kontemporer.

c.Memiliki kemampuan untuk mengembangkan manhaj fikr dan istinbath hukum dari nash-nash dalam rangka merespon masalah-masalah kontemporer.

d.Memiliki kemampuan untuk mengembangkan pemikiran keislaman yang disertai dengan wawasan keilmuan modern.

Pasal 15

Karakter dan Komponen Kurikulum

Kurikulum Ma’had Aly Ibadurrahman Cileungsi berpijak dari beberapa prinsip dasar:

a.Prinsip kesinambungan ajaran, pemikiran dan tradisi keislaman dari masa ke masa.

b.Prinsip holistikdalam kajian keislaman baik secara material maupun metodogikal (ushul).

c.Prinsip dinamis dalam merespons dan mengantisipasi perkembangan zaman.

d.Prinsip gradualdalam penyajian dan pengajarannya sesuai dengan jenjang dan target pendidikan.

e.Prinsip kepribadian sebagai muslim kaffah.

f.Prinsip kekaryaan dalam mengembangkan “rahmatan lil alamin”.

g.Prinsip keadilan dalam hidup dan kehidupan bermasyarakat yang beradab.

Pasal 16

Komponen Kurikulum

a.Komponen pengkajian tekstual yang merujuk pada al-Qur’an, hadits dan kutub al-mu’tabarah.

b.Komponen pengembangan wawasan substansial yang meliputi disiplin keislaman dan disiplin umum yang relevan dengan merujuk pada berbagai mazhab pemikiran dan aneka literatur, baik klasik maupun kontemporer. Disiplin keilmuan dimaksud melalui landasan/dasar keilmuan yang kuat (filsafat ilmu) agar mampu memberikan penjelasan ajaran agama secara ilmiah (rasional)dan memiliki pengetahuan agama yang mendasar sesaui dengan tantangan zaman.

c.Komponen ilmu-ilmu alat yang meliputi bahasa, mantiq, dan ilmu sosial.

Pasal 17

Struktur Kurikulum

a.Struktur Kurikulum Ma’had Aly Ibadurrahman Cileungsi terdiri dari kurikulum nasional yang disusun sesuai ketentua Kementerian Pendidikan Nasional dan Kementerian Agama.

b.Struktur Kurikulum Ma’had Aly Ibadurrahman Cileungsi terdiri dari Mata Kuliah Dasar, Mata Kuliah Konsentrasi, Mata Kuliah Pendukung, Mata Kuliah Keterampilan, Praktek Pengabdian Masyarakat (PPM), dan Penulisan Karya Ilmiah.

c.KurikulumMa’had Aly Ibadurrahman Cileungsi tetap bersinergi dengan keilmuan Pondok Pesantren Ibadurrahman Cileungsi dan Yayasannya.

Pasal 18

Proses dan Metode Pembelajaran

Untuk mencapai visi, misi dan tujuan yang telah ditetapkan, maka pelaksanaan perkuliahan di Ma’had Aly Ibadurrahman Cileungsi perlu diatur dengan memadukan antara metode pesantren klasik dengan metode perguruan tinggi umum lainnya dengan tetap mengsinergikan aspek-aspek pendidikan.

a.Proses Belajar Mengajar

Ma’had Aly Ibadurrahman Cileungsi sebagai sarana pembentukan watak dan kader ulama masa depan tentu memerlukan suasana yang kondusif dalam proses perkuliahan. Menciptakan suasan kondusif semacam ini tidakcukup hanya mengandalkan proses belajar mengajar pada jam-jam aktif perkuliahan, tetapi juga harus ditumbuhkan budaya ilmiah dengan mengaktifkan diskusi-diskusi, musyawarah ataupun bahtsul-masa’il diluar jam-jam aktif perkuliahan tersebut, baik dipandu oleh seorang atau beberapa orang Musyrif atau yang dipandu oleh Mahasantri sendiri. Diskusi-diskusi, musyawarah, ataupun bathsul masa’il seperti itu sangat berguna sabagai forum pengayaan dan pendalaman materi kuliah serta penajaman daya nalar, analisis dan daya kritis Mahasantri.

b.Metode Belajar Mengajar (Kuliah)

Dalam usaha pencapaian tujuan ideal tersebut, maka metode belajar mengajar yang ditempuh menggunakan tiga pendekatan:

a.Pendekatan tekstual, yaitu memahami nushus secara lughawiyah, harfiyah dan tarkibiyah. Hal ini ditempuh dengan dua cara:Tadrisiyah (bimbingan langsung mudarris),Mudarosah (diskusi).

b.Pendekatan kontekstual, yaitu memahami nushus secara cermat dan dititikberatkan pada maqasid asy-syari’ah dengan telaah kritis. Kajian ini dilakukan dengan lintas mazhab dan disampaikan dalam beberapa kuliah umum, penyusunan karya tulis, studi naskah dan lain-lain.

c.Pendekatan Naqdiyah (Kritis), yaitu melatih diri untuk mencoba melihat beberapa karya para imam mujtahid dengan komparasi kitab-kitab klasik dan referensi kontemporer.

BAB XI

PERKULIAHAN

Pasal 19

Sistem

a.Sistem perkuliahan Ma’had Aly Ibadurrahman Cileungsi diselenggarakan secara klasikal dan non klasikal. Perkuliahan klasikal dalam bentuk tatap muka, tugas terstruktur dan tugas mandiri dengan memanfaatkan sumber dan media belajar. Perkuliahan non klasikal dilaksanakan dalam bentuk stadium general, Halaqah, Seminar, Diskusi, Jurnalistik, keorganisasian dan lain-lain.

b.Sistem pembelajaran Ma’had Aly Ibadurrahman Cileungsi diselenggarakan dengan sistem perpaduan antara tradisi pesantren dan tradisi akademik Perguruan Tinggi pada umumnya.

Pasal 20

Tahun Akademik

Tahun Akademik penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran Ma’had Aly Ibadurrahman Cileungsi menyesuaikan dengan program pendidikan dan pengajaran Pondok Pesantren Ibadurrahman Cileungsi.

Pasal 21

Kualifikasi Calon Mahasantri

Memiliki kemampuan analisis ilmu-ilmu keislaman dengan indikator: mampu membaca, menulis, menerjamah, dan memahami kitab-kitab klasik standar. Disesuaikan dengan masing-masing latarbelakang pendidikan.

Pasal 22

Bahasa Pengantar

Bahasa Pengantar di Ma’had Aly Ibadurrahman Cileungsi adalah Bahasa Indonesia, Bahasa Arab, dan Bahasa Inggris.

Pasal 23

Penilaian Hasil Study

a.Penilaian terhadap kegiatan kemajuan dan kemampuan Mahasantri dilakukan secara berkala dan berbentuk ujian tengah semester, ujian akhir semester, pelaksanaan tugas dan pengamatan oleh Mudarris.

b.Ujian akhir kelulusan Ma’had Aly Ibadurrahman Cileungsi dilakukan oleh Ma’had Aly dengan melibatkan Mudarris, Dosen Tamu, dan Profesor Luar Biasa sebagai tim penguji.

c.Penilaian terhadap kegiatan, kemajuan dan kemampuan Mahasantri dilakukan secara berkala yang berbentuk ujian, pelaksanaan tugas dan pengamatan.

Pasal 24

Indeks Prestasi Kelulusan

Indeks prestasi kelulusan ditetapkan sebagai berikut:

1.Predikat Mumtaz/Cumlaude; merupakan prestasi kelulusan tertinggi (istimewa) dengan nilai antara 3.50 hingga 4.00.

2.Predikat Jayyid Jiddan/Very Good; merupakan prestasi kelulusan amat baik dengan nilai antara 3.00 hingga 3.49.

3.Predikat Jayyid/Good; merupakan prestas kelulusan baik dengan nilai antara 2.50 hingga 2.99

4.Predikat Maqbul/Fair ;merupakan prestasi kelulusan sedang dengan nilai antara 2.00 hingga 2.49.

5.Predikat Rasib/Fall; merupakan tidak lulus antara nilai 0.00 hingga 1.99.

Pasal 25

Gelar Akademik

Sebutan gelar akademik bagi lulusan Ma’had Aly Ibadurrahman Cileungsi diatur oleh Dewan Ma’had Aly Ibadurrahman Cileungsi yang mengacu kepada peraturan perundang-undangan yang berlaku.

BAB XII

KEBEBASAN AKADEMIK DAN OTONOMI KEILMUAN

Pasal 26

a.Kebebasan Akademik merupakan kebebasan yang dimiliki civitas akademika Ma’had Aly Ibadurrahman Cileungsi secara bertanggungjawab dan berakhlakul karimah dalam kegiatan pendidikan dan pengajaran yang terkait dengan penggalian, pemahaman, dan pengamalan serta pembangunan ilmu-ilmu keislaman.

b.Otonomi keilmuan adalah kegiatan keilmuan yang berpedoman pada norma dan kaidah agama serta ilmu pengetahuan yang mencakup keterbukaan dan penuh tanggungjawab.

c.Akuntabilitas, yaitu Ma’had Aly Ibadurrahman Cileungsi diselenggarakan secara terbuka dan bertanggungjawab.

d.Evaluasi diri (self evaluation), yaitu penyelenggaraan Ma’had Aly Ibadurrahman Cileungsi melakukan evaluasi setiap periode dalam waktu tertentu; 6 hingga 12 bulan sekali sesuai dengan kebutuhan, meliputi seluruh komponen pendidikan dan pengajaran.

BAB XIII

PEMBIAYAAN DAN OTONOMI PENGELOLAAN

Pasal 27

a.KeuanganMa’had Aly Ibadurrahman Cileungsi diperoleh dari sumber keuangan mandiri, sumbangan, infaq, sedekahyang tidak mengikat dari masyarakat, Pemerintah dan lembaga-lembaga lain sesuai dengan ketentun yang berlaku.

b.Pengelolaan dana Ma’had Aly Ibadurrahman Cileungsi diatur sesuai dengan peraturan serta kesepakatan yang telah ditetapkan oleh penyelenggaraMa’had Aly Ibadurrahman Cileungsi.

BAB XIV

PENGAWASAN DAN AKREDITASI

Pasal 28

a.Pengawasan dan Akreditasi dilakukan oleh tim yang ditetapkan oleh Dirjen berdasarkan usulan Dewan Ma’had Aly Ibadurrahman Cileungsi.

b.Pengawasan ditujukan untuk pengendalian mutu program akademik dan non akademik yang dilakukan oleh Ma’had Aly Ibadurrahman Cileungsi agar dapat menghasilkan lulusan sebagaimana diharapkan dalam profil lulusan.

c.Tim pengawasan mutu bertugas:

1.Menetapkan komponen dan tata cara pengawasan mutu;

2.Melaksanakan pengawasan;

3.Memberikan penilaian dan rekomendasi status Ma’had Aly Ibadurrahman Cileungsi.

BAB XV

KODE ETIK, PENGHARGAAN DAN SANKSI

Pasal 29

Kode Etik

a.Dalam melaksanakan kebebasan akademik. Mimbar akademik dan otonomi keilmuan, setiap anggota civitas akademika Ma’had Aly Ibadurrahman Cileungsi harus menggunakannya secara bertanggungjawab dan tidak merugikan lembaga.

b.Pelaksanaan kebebasan akademik, kebebasan mimbar dan otonomi keilmuan, diarahkan untuk terwujudnya pemantapan pengembangan ilmu keislaman.

c.CivitasMa’had Aly Ibadurrahman Cileungsi menjunjung tinggi etika akademika dan norma-norma keislaman yang pada hakikatnya menghargai ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan budaya.

d.Ketentuan tentang kebebasan akademik, mimbar otonomi keilmuan, serta kode etik pada Ma’had Aly Ibadurrahman Cileungsi disusun oleh penyelenggara Ma’had Aly dan ditetapkan oleh Majelis Ma’had Aly Ibadurrahman Cileungsi.

e.Pelanggaran terhadap kebebasan akademik, mimbar dan otonomi keilmuan, serta kode etik Ma’had Aly Ibadurrahman Cileungsi diselesaikan oleh Dewan Ma’had Aly Ibadurrahman Cileungsi.

Pasal 30

Penghargaan

a.Untuk menciptakan tradisi akademik dalam upaya peningkatan mutu pelaksanaan proses pembelajaran, penelitian dan pengabdian pada masyarakat, penyelenggara Ma’had Aly Ibadurrahman Cileungsi memberikan penghargaan kepada setiap individu yang telah berjasa, berprestasi dan menunjukkan kesetiaannya pada lembaga.

b.Bentuk, syarat dan tata cara penghargaan diatur lebih lanjut oleh Lembaga Ma’had Aly Ibadurrahman Cileungsi.

Pasal 31

Sanksi

a.Civitas Akademik Ma’had Aly Ibadurrahman Cileungsiyang melakukan pelanggaran kode etik dikenai sanksi sesuai dengan peraturan yang berlaku.

b.Sanksi terhadap Mahasantri, baik dengan alasan akademik maupun non akademik hanya dapat dilakukan oleh penyelenggara Ma’had Aly Ibadurrahman Cileungsi setelah mendapat masukan dari Majelis Ma’had Aly Ibadurrahman Cileungsi.

c.Civitas Akademika yang mendapat sanksi dimaksud diberi kesempatan membela diri pada forum Majelis Ma’had Aly Ibadurrahman Cileungsi.

BAB XVI

PENUTUP

Pasal 32

a.Semua peraturan, norma-norma yang berlaku di Pomdok Pesantren Ibadurrahman Cileungsi dimana Ma’had Aly diselenggarakan berlaku sejauh tidak bertentangan dengan dengan kaidah yang ditetapkan statuta maupun dalam pokok-pokok pedoman Ma’had Aly.

b.Hal-hal yang belum diatur dalam pedoman ini akan diatur kemudian dengan peraturan tersendiri baik yang diputuskan oleh Dewan Ma’had Aly maupun oleh penyelenggara Ma’had Aly Ibadurrahman Cileungsi.

DITETAPKAN DI: Cileungsi

PADA TANGGAL: 23 April 2018

PENGURUS

YAYASAN PENDIDIKAN ISLAM (YPI)

PONDOK PESANTREN IBADURRAHMAN CILEUNGSI (PPIC)

RABI’AH ADAWIYAH, S.Pd.I                                                      ABAS BASUNI

                             Ketua                                                                                    Sekretaris