Proposal Renovasi Kelas dan Asrama

Nomor     : 05/PPMI/VI/2012

Perihal     : Proposal Pembangunan  Sarana dan Prasarana Pendidikan

Kepada Yth;

Bapak/Ibu/Saudara _______________________

Assalâmu’alaikum wr, wb.

Rahmat dan inayah Allah SWT serta barakah hidup semoga selalu menyertai Bapak/Ibu/Sdr. dalam menjalani aktivitas.

Yayasan Pondok Pesantren Ibadurrahman Cileungsi, Bogor adalah rintisan yayasan yang didirikan dengan niat berkhidmah kepada umat dalam pengembangan bidang pendidikan. Menurut rencana dan mengharap izin Allah SWT, yayasan ini akan mengembangkan pendidikan dari jenjang pendidikan dasar hingga tertinggi, dengan muatan dasar tahfidz (hapalan) al-Qur`an.

Tahap pertama pengadaan lahan dan pembangunan awal telah kami lakukan beberapa periode lalu, dan tahun ini kami tengah melaksanakan tahap kedua penyelesaian sarana fisik bangunan pendidikan dan asrama. Target operasional pendidikan dan kelembagaan dirancang akan bergulir pada tahun ajaran 2012-2013.

Untuk rencana ini, sangat banyak kebutuhan fisik dan finansial yang sekiranya menuntut uluran sumbangsih dan derma dari para muhsinin. Total dana yang kami butuhkan dalam rencana ini sebesar Rp. 1,839,076,500 (satu milyar delapan ratus tiga puluh sembilan juta tujuh puluh enam ribu lima ratus rupiah). Rinci kebutuhan tersebut sebagai terlampir.

Berdasarkan hal tersebut, kami sangat mengharap sumbangsih, derma, dan bantuan Bapak/Ibu/Sdr. untuk mewujudkan niat mulia ini.

Semoga amal jariyah yang diberikan akan Allah SWT balas dengan ganjaran berlipat ganda.

Jazâkumullah ahsanal jazâ`.

Cileungsi, 1 Januari 2012

PANITIA PEMBANGUNAN

PONDOK PESANTREN IBADURRAHMAN

CILEUNGSI BOGOR

Ketua Panitia,                                                                                                                                                               Sekretaris,


(Ahmad Taufiq Abdurrahman MA)                                                                                                     (Shofia Tidjani Msi.)

Ketua Yayasan Pendidikan Islam

Pondok Pesantren Ibadurrahman (YPIPPIC)

 

(Sarbini Anim MA)

PROPOSAL
PEMBANGUNAN SARANA PENDIDIKAN

PONDOK PESANTREN IBADURRAHMAN CILEUNGSI

 

PENDAHULUAN

Pembangunan manusia seutuhnya merupakan keutamaan dari hakikat pembangunan nasional. Dengan keutuhan jiwa dan raga, cita-cita lahirnya masyarakat yang adil dan makmur akan terwujud. Dan menjadi tugas dunia pendidikan untuk bahu membahu mempersiapkan sumber daya manusia dan kader-kader penerus bangsa yang tak hanya terdepan secara fisik, tapi juga digjaya dalam mental dan spiritual.

Pendidikan dan pengajaran berbasis pesantren menjadi salah satu instrumen pembangunan mental, intelektual dan spiritual yang komprehensif ini. Perjuangan dan perjalanan sejarah Bangsa Indonesia telah membuktikan besarnya manfaat dari khidmah yang dilakukan Pondok Pesantren bagi kemakmuran Tanah Air.

Sejak dirintis tahun 1990-an silam, Pondok Pesantren Ibadurrahman Cileungsi pun telah dicanangkan untuk menjadi salah satu pilar perjuangan mulia ini. Misi utamanya adalah menjadi lembaga peningkat kualitas sumber daya manusia muslim yang dewasa dalam berbangsa, dan mencetak kader mundzirul qaum yang alim, cerdas, dan berakhlak mulia.

Untuk misi ini Yayasan Pendidikan Islam Pondok Pesantren Ibadurrahman Cileungsi (YPIPPIC) yang diamanahi mengelola dan mengembangkan lembaga tersebut berencana mendirikan beberapa institusi pendidikan dari tingkat Taman Kanak-Kanak (TK) hingga Perguruan Tinggi. Harapannya, agar  lahir kader pendidik dan pengayom masyarakat yang mampu membina umat Islam dan bangsa Indonesia menjadi manusia seutuhnya.

Dalam menjalankan misi besar tersebut, tentu dibutuhkan tersedianya sarana dan prasarana pendidikan, serta berbagai kelengkapannya. Dan berbagai upaya terus dilakukan pihak pengelola, namun keterbatasan finansial tak dapat dihindari dalam rangka pemenuhan kebutuhan yang ada. Hingga tentunya, perhatian pemerintah dan partisipasi seluruh elemen masyarakat sangat dibutuhkan agar institusi pendidikan ini mampu berkembang dan memberi kontribusi positif bagi pembangunan generasi bangsa.

DASAR PEMIKIRAN

Al-Qur`an surah at-Taubah ayat 122:

$tBur šc%x. tbqãZÏB÷sßJø9$# (#rãÏÿYuŠÏ9 Zp©ù!$Ÿ2 4 Ÿwöqn=sù txÿtR `ÏB Èe@ä. 7ps%öÏù öNåk÷]ÏiB ×pxÿͬ!$sÛ (#qßg¤)xÿtGuŠÏj9 ’Îû Ç`ƒÏe$!$# (#râ‘É‹YãŠÏ9ur óOßgtBöqs% #sŒÎ) (#þqãèy_u‘ öNÍköŽs9Î) óOßg¯=yès9 šcrâ‘x‹øts† ÇÊËËÈ

“Tidak sepatutnya bagi mukminin pergi seluruhnya (ke medan perang). Mengapa tidak pergi dari tiap-tiap golongan di antara mereka beberapa orang untuk memperdalam pengetahuan tentang agama dan untuk memberi peringatan kepada kaumnya apabila mereka telah kembali kepadanya, supaya mereka dapat menjaga diri.”

TUJUAN PEMBANGUNAN

1. Memenuhi kebutuhan sarana belajar yang memadai, representatif dan mendukung pembinaan kualitas sumber daya manusia.

2. Membangun dan mempersiapkan tumbuh kembangnya generasi muslim yang memiliki sikap dan moral yang baik, berakhlak mulia, dan diridhai Allah SWT.

3. Meningkatkan kepedulian kaum muslimin terhadap sarana pendidikan dalam rangka syi’ar Islam.

 

RENCANA PEMBANGUNAN

Dalam rencana induk pembangunan, pengelola memprioritaskan merenovasi total dan membangun ulang gedung pendidikan yang telah tersedia seluas 300 m2, dengan bangunan 2 (dua) lantai. Rencana alokasi biaya sebagaimana terlampir.

 

 

RENCANA SUMBER DANA

Untuk merealisasikan hal-hal tersebut, pengelola berusaha menjaring donasi dari kalangan muhsinin, simpatisan dan jamaah majelis ta’lim, serta membina hubungan baik secara kelembagaan dengan pihak pemerintah dan instansi terkait.

PENUTUP

Partisipasi aktif kaum muslimin dalam membantu terlaksananya amanah pembangunan gedung pendidikan Pondok Pesantren Ibadurrahman Cileungsi ini sangat dibutuhkan. Hanya kepada Allah, kita memohon taufîq dan hidayah-Nya. Semoga rencana ini terlaksana dan mendapat ridha dan rahmat-Nya. Âmîn.

Demikian, dan atas perhatian serta bantuannya kami haturkan terima kasih.

Jazâkumullah bi ahsanil-jazâ`.

Cileungsi, 1 Januari 2012

PANITIA PEMBANGUNAN

PONDOK PESANTREN IBADURRAHMAN

CILEUNGSI BOGOR

         Ketua,                                                                                                                                                                     Sekretaris,

 

(Ahmad Taufiq Abdurrahman MA)                                                                                         (Shofia Tidjani Msi.)

  Ketua Yayasan Pendidikan Islam
Pondok Pesantren Ibadurrahman (YPIPPIC)

 

 

 

(Sarbini Anim MA)