Lembaga pendidikan keguruan (Tarbiyatul Mu’allimin Al-Islamiyyah/TMI) menjadi ciri khas dari Pondok Pesantren Ibadurrahman yang akan mencetak guru-guru muslim yang cakap, mumpuni dan ‘alim dalam aneka bidang keilmuan. Ilmu didaktik dan metodik diajarkan secara berkelanjutan dan menjadi muatan ajar mendasar yang terintegrasi dalam sistem kehidupan pondok pesantren modern sehari-hari.

Kurikulum TMI merupakan adopsi langsung dari kurikulum KMI (Kuliyyatul Mu’allimin Al-Islamiyah Pondok Modern Gontor yang diramu dengan muatan lokal Ibadurrahman. Diharapkan dapat terus menjaga entitas kemodernan santri dan integrasi ilmu agama-umum secara komprehensif.

Sistem kurikulum TMI/KMI adalah kurikulum berbasis kepondokmoderanan yang terintegrasi secara menyeluruh dalam kehidupan sehari-hari di Pondok Pesantren Ibadurrahman Cileungsi. Bukan hanya buku ajar yang wajib merujuk pada sumber asal (buku-buku Pondok Modern Gontor), tapi juga integrasi aktivitas keseharian santri serta disiplin Pondok Modern yang diadopsi lalu dimodifikasi untuk sesuai dengan kultur dan kondisi lingkungan Pondok Pesantren Ibadurrahman Cileungsi.

By ibad

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *